Powered By Blogger

Kamis, 15 November 2012

Rusia bahas masalah nuklir dengan Iran

Program Nuklir Iran (muftah.org)
Program Nuklir Iran (muftah.org)
  Wakil Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Ryabkov, akan mengadakan pembicaraan dengan Sekretaris Tertinggi Keamanan Nasional Iran, Saeed Jalili untuk membahas masalah program nuklir Iran. Seperti diberitakan kantor berita IRNA, Rabu (14/11/2012), saat ini Ryabkov sudah berada di Teheran.

Sejumlah diplomat Rusia turut serta dalam kunjungan Ryabko ini. Kementerian Luar Negeri Rusia tidak membenarkan atau membantah laporan kunjungan ini.

Menurut laporan media Iran, dua pejabat itu akan membahas situasi di Suriah dan kerangka waktu untuk perundingan Iran dengan kelompok penengah internasional. Ryabkov sendiri dilaporkan telah bertemu dengan Ali Bagheri, Wakil Sekretaris Keamanan Tertinggi Iran.

Ryabkov dikutip oleh Financial Times, pada Minggu, mengatakan, Moskow akan mendukung pembicaraan bilateral antara Amerika Serikat (AS) dan Iran mengenai program nuklir Teheran. Rusia mengatakan, pihaknya akan menjegal setiap resolusi Dewan Keamanan PBB yang bisa memungkinkan aksi militer terhadap Iran.

Jumat lalu, Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad menegaskan kembali seruannya untuk melakukan pembicaraan langsung dengan AS. Selama ini, AS, Israel, dan beberapa sekutu mereka menuduh Iran mengembangkan program nuklir untuk kepentingan militer. Iran menolak tuduhan, dengan alasan mereka berhak mengembangkan teknologi nuklir untuk tujuan damai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar