Powered By Blogger

Senin, 26 November 2012

Iran: Menlu Perancis tak paham realita Timur Tengah

Esnoe Faqih Wardhana
Menlu Perancis Laurent Fabius
Menlu Perancis Laurent Fabius
Iran bereaksi keras terhadap pernyataan Menteri Luar Negeri Perancis, Laurent Fabius. Pada Rabu (21/11/2012), Fabius menuduh Iran memiliki niat negatif di Lebanon, Suriah, Iran, dan Gaza. Menurutnya, dengan menyediakan senjata jarak jauh, niat Iran ini melahirkan sebuah tanggung jawab berat.
   
Iran langsung merespon pernyataan ini. Iran menyebut Fabius tidak memahami realitas di wilayah Timur Tengah. "Komentar yang dibuat oleh Fabius adalah karena kurangnya perhatian terhadap realitas yang berlaku di Timur Tengah," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Ramin Mehmanparast.

Iran membantah tuduhan telah memasok rudal Fajr-5 ke Hamas, namun negara itu mengaku telah memberikan bantuan pada Hamas. Bantuan yang diberikan berupa teknologi perakitan rudal. Iran juga menghimbau agar negara-negara Arab memberikan bantuan ke Palestina.

"Harus diingat, bahwa komentar pejabat Prancis ini tidak mengangkat tanggung jawab rezim Zionis dan pendukungnya tentang kejahatan perang yang mereka lakukan terhadap bangsa Palestina yang tertindas," lanjut Mehmanparast.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar