Powered By Blogger

Senin, 26 November 2012

Hizbullah akan lepaskan roket jika Israel serang Libanon

Esnoe Faqih Wardhana
Rudal Hizbullah
Rudal Hizbullah
Pemimpin Hizbullah Sayyed Hassan Nasrallah memperingatkan Israel, bahwa ribuan roket akan menghujani Tel Aviv dan kota-kota di Israel lainnya, jika Israel menyerang Libanon. Peringatan ini disampaikan Nasrallah dalam pidato saat perayaan Asyura, yang diperingati Muslim Syiah, Minggu (25/11/2012).

Menurut Nasrallah, Israel sudah kerepotan menghadapi serbuan rudal yang dilancarkan militan Palestina dari Jalur Gaza dalam pertikaian 8 hari antara Hamas dengan militer Israel. Ia menyatakan, Israel akan lebih menderita jika terlibat konflik dengan Hizbullah.  

"Israel terguncang selama 8 hari oleh segelintir rudal Fajr-5 yang dilontarkan dari Jalur Gaza. Lalu, bagaimana mereka bisa mengatasi  ribuan roket yang akan jatuh ke Tel Aviv dan kota lainnya, jika mereka menyerang Lebanon," kata Nasrallah seperti dikutip the star. Pidato Nasrallah ini disebar lewat video ke puluhan ribu kaum Syiah di Beirut.

Pada 2006, Hizbullah sempat terlibat perang selama 34 hari dengan Israel. Bulan lalu, mereka menerbangkan sebuah pesawat tanpa awak (drone) yang berhasil masuk ke wilayah Israel. Jet tempur Israel akhirnya menembak jatuh drone tersebut.

Nasrallah mengatakan, rudal yang ditembakkan ke Israel selama konflik Gaza memiliki jangkauan antara 40-70 km. Sementara Hizbullah mengklaim bisa menyerang semua daerah, mulai dari perbatasan Utara Israel hingga ke Selatan, di pelabuhan Laut Merah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar