Powered By Blogger

Minggu, 18 November 2012

Netanyahu: Israel siap perluas serangan di Gaza


Tank Israel (imemc.org)
Tank Israel (imemc.org)
Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu mengaku negaranya siap memperluas operasi militer terhadap militan Hamas di Jalur Gaza. Pernyataan ini disampaikan Netanyahu pada Minggu (18/11/2012).

"Kami mendapat harga yang mahal dari Hamas dan organisasi-organisasi teror," kata Netanyahu pada awal sidang kabinet mingguan. "Militer siap untuk secara signifikan memperluas operasi," lanjutnya seperti dikutip dari asia one.

Netanyahu mengatakan, ia telah melakukan pembicaraan dengan para pemimpin dunia. “Dan, kami menghargai pemahaman mereka tentang hak Israel untuk membela diri. Operasi di Jalur Gaza akan terus berlangsung dan kami sedang mempersiapkan diri untuk memperluas operasi itu," kata Netanyahu.

Pernyataan itu disampaikan Netanyahu saat ribuan pasukan Israel yang didukung oleh kendaraan lapis baja berkumpul di sepanjang perbatasan. Pengerahan tank-tank dan panser ini memicu kekhawatiran bahwa negara Yahudi itu siap untuk memperluas serangan ke Gaza dengan melakukan operasi militer lewat darat.

Netanyahu memuji respon cepat militer dengan menyediakan 16 ribu pasukan cadangan, yang siap bertugas jika ada perintah darurat. "Para prajurit siap untuk setiap operasi yang bisa berlangsung setiap saat," katanya pada pertemuan kabinet.

Tentara Israel menutup jalan utama di sekitar Gaza pada Jumat (16/11/2012) malam. Dan tak lama setelah itu, kabinet resmi melakukan perekrutan hingga 75 ribu pasukan cadangan. Langkah ini menimbulkan kebingungan upaya diplomatik untuk menengahi gencatan senjata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar