Powered By Blogger

Rabu, 21 November 2012

Pemberontak M23 Kongo masuki kota Goma

Esnoe Faqih Wardhana 
Pemberontak M23 (trust.org)
Pemberontak M23 (trust.org)
  Pemberontak Kongo yang menamakan diri M23 berhasil memasuki bagian Timur kota Goma di Provinsi Kivu Utara, Kongo, Selasa (20/11/2012). Langkah maju pemberontak M23 ini mendapat perlawanan sengit dari pasukan pemerintah Kongo dan pasukan PBB yang ditempatkan di daerah itu.

Seorang saksi mata mengatakan pada Reuters, ia melihat pasukan pemberontak M23 yang maju dengan berjalan kaki sepanjang jalan ke pusat kota. Ini adalah bukti pertama, bahwa pemberontak M23 telah memasuki Goma, setelah satu hari sebelumnya terlibat pertempuran di pinggiran kota.

Tentara Pemerintah Kongo telah memerintahkan warga yang tinggal di perbatasan dekat Rwanda untuk mengungsi. Hal ini dimaksudkan agar mereka tak jadi korban pertempuran antara pemberontak dengan pasukan pemerintah.

Sementara itu, Uganda menyalahkan PBB atas bocornya sebuah dokumen laporan mediasi yang menyebut Rwanda berada dibalik gerakan pemberontak M23. Kebocoran yang terjadi pada Oktober lalu ini membuat Uganda terpaksa mundur dari perannya sebagai mediator.

"Uganda adalah mediator dalam konflik ini dan kami telah berhasil menahan M23. Kemudian PBB muncul dengan tuduhan liar dan tak berdasar terhadap kami dan kami memutuskan untuk minggir dan meninggalkan situasi ini kepada mereka. Dan sekarang Anda melihat hasilnya," kata Menteri Luar Negeri Uganda, Asuman Kiyingi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar