Powered By Blogger

Rabu, 28 November 2012

Barak: Sistem pencegat roket selamatkan warga Israel

Esnoe Faqih Wardhana 
Iron Dome Israel (businessweek.com)
Iron Dome Israel (businessweek.com)
Menteri Pertahanan Israel, Ehud Barak menyebut, pengembangan teknologi pertahanan udara yang dimililki negara itu telah menyelamatkan warga Israel dan mencegah perang berkelanjutan.

Barak memuji sistem Iron Dome dan pengembangannya yang berhasil mencegat ratusan roket yang ditembakan ke wilayah Israel dari Jalur Gaza. Pujian ini disampaikan Barak saat mengunjungi Rafael Advanced Systems Ltd, kontraktor pertahanan milik Israel, Selasa (27/11/2012).

“Prestasi yang ditunjukan para insinyur  telah memberikan rasa aman bagi warga sipil dan memberi para pemimpin politik kebebasan untuk membuat keputusan yang bisa mengurangi kerusakan yang terjadi dalam perang,” jelas Barak.

Rafael Advanced Systems Ltd mulai mengembangkan Iron Dome, yang dirancang untuk mencegat roket jarak pendek, pasca perang Libanon 2006. Saat itu, Hizbullah menembakkan sekitar 4.000 roket ke Israel utara.

Dalam pertikaian 8 hari dengan militan Palestina, sekitar 350 dari 1.300 roket yang diluncurkan dari Gaza ke Israel Selatan, berhasil dicegat.

Pertengahan pekan lalu, Advanced Systems Ltd berhasil menguji sistem pertahanan baru yang diberi nama David Sling. Sistem ini dikembangkan bersama dengan kontraktor pertahanan Amerika Serikat, Raytheon. David Sling dirancang untuk mencegat roket jarak menengah hingga jarak jauh dan rudal jelajah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar