Powered By Blogger

Minggu, 18 November 2012

Menhan Korsel: Korut siap uji coba rudal nuklir


Ilustrasi
Ilustrasi
Menteri Pertahanan Korea Selatan (Korsel), Kim Kwan-jin menyatakan, kalau Korea Utara (Korut) telah menyelesaikan persiapan untuk uji coba rudal nuklir. Menurutnya, suatu saat nanti Korut juga akan melakukan uji coba peluncuran rudal jarak jauh.

"Banyak persiapan telah dibuat untuk uji coba rudal nuklir ketiga," kata Kwan-Jin kepada wartawan, Kamis (8/11/2012), seperti dikutip dari deccanchronicle.com. Kan-jim mengatakan, waktu uji coba itu akan  tergantung pada 'keputusan politik' di Korut.

Sebelumnya, pada 2006 dan 2009, Korut sudah pernah melakukan uji coba nuklir. “Korut akan membuat upaya lain di masa depan, untuk menguji tembak rudal jarak jauh mereka, setelah kegagalan peluncuran roket di bulan April lalu,” lanjut Kwan-jim.

Sebelumnya, Pyongyang mengaku, bahwa Korut akan melakukan peluncuran roket untuk menempatkan satelit mereka ke orbit bumi. Namun, Amerika Serikat dan sekutunya menuding hal itu adalah upaya terselubung untuk melakukan uji coba teknologi rudal balistik yang dilarang.

Pada September, AS mengatakan, kalau citra satelit menunjukkan Korut telah menghentikan pekerjaan di sebuah daerah yang ditenggarai sebagai pangkalan peluncuran rudal antar benua. Belum jelas apa penyebab penghentian proyek itu. Bisa jadi karena disebabkan oleh hujan deras.

Diprediksi, proyek akan kembali dikerjakan hingga dua tahun ke depan. Landasan peluncuran yang baru sedang dibangun di Timur Laut negara itu dan dijadwalkan selesai sekitar tahun 2015. Kalaupun penyelesaian tertunda, Pyongyang masih bisa menguji roket jarak jauh di sebuah pangkalan yang terletak di Barat Laut Korut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar