Powered By Blogger

Minggu, 18 November 2012

Obama: AS dukung hak Israel untuk bela diri


Barack Obama (breitbart.com)
Barack Obama (breitbart.com)
Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama mengatakan, AS sepenuhnya mendukung hak Israel untuk membela diri. Obama juga menyerukan diakhirinya tembakan rudal ke Israel oleh militan Palestina dari Jalur Gaza. Pernyataan ini disampaikan Obama, Minggu (18/11/2012), di sela-sela lawatannya ke Bangkok, Thailand.

"Tidak ada negara di dunia ini yang akan mentolerir rudal menghujani warganya dari luar perbatasan," kata Obama. "Kami sepenuhnya mendukung hak Israel untuk mempertahankan diri," lanjutnya seperti dikutip dari Jpost.

Sejak Minggu pagi, sudah 30 roket yang ditembakkan militan Palestina ke wilayah Israel. Roket-roket itu jatuh di Bersyeba, Ashkelon, Sderot, dan Ashdod. Serangan roket pada Minggu ini melukai 4 warga Israel. Militer Israel sendiri mengaku telah berhasil mencegat 17 roket dengan menggunakan pesawat tanpa awak (drone).

Sementara itu, angkatan udara Israel, sejak Minggu pagi telah menyerang lebih dari 70 sasaran di Jalur Gaza. Saling serang antara militan Palestina dengan militer Israel kembali terjadi sejak awal pekan lalu.

Pernyataan Obama tentang dukungannya pada Israel adalah kali kedua dalam pekan ini. Sebelumnya, beberapa hari sebelum Obama melakukan lawatan ke Asia, Gedung Putih sudah menyatakan dukungan pada Israel untuk membela negara mereka dari serangan rudal yang dilancarkan militan Palestina.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar