Powered By Blogger

Rabu, 28 November 2012

Jepang terus monitor perkembangan rudal Korut

Esnoe Faqih Wardhana 
Rudal balistik Korut
Rudal balistik Korut
Pemerintah Jepang mengaku akan terus mengumpulkan informasi tentang kemungkinan peluncuran rudal Korea Utara (Korut) dan siap untuk membela diri. Pernyataan ini disampaikan oleh Kepala Sekretaris Kabinet Jepang, Osamu Fujimura, Senin (26/11/2012).

"Pemerintah akan bekerja lebih keras untuk mengumpulkan dan menganalisis informasi, serta akan terus mengambil langkah-langkah menyeluruh untuk melindungi negara," ujar Fujimura, dikutip dari stasiun televisi NHK.

Pekan lalu, media Jepang melaporkan, citra satelit yang didapat Amerika Serikat (AS) menunjukkan kalau Korut tengah menyiapkan uji coba jangka panjang rudal balistik mereka. Citra satelit yang didapat, mirip dengan yang terjadi pada April lalu. Saat itu, Korut melakukan uji coba yang mereka klaim sebagai uji coba peluncuran satelit ke orbit bumi.

Fujimura mengatakan, langkah yang diambil Korut ini tidak akan berdampak pada perundingan antara kedua negara. Dia menyatakan, Korut dan Jepang akan mengadakan putaran pembicaraan berikutnya, setelah melakukan persiapan melalui saluran diplomatik.

Beberapa pengamat menyatakan, langkah korut ini dimaksudkan untuk mengintimidasi Jepang dan AS, jelang pemilu Jepang yang berlangsung pada Desember mendatang. Selain Jepang, negara Asia lainnya yang akan menggelar pemilu pada Desember adalah Korea Selatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar