Powered By Blogger

Rabu, 21 November 2012

Sambangi China, Menhan Rusia perdalam hubungan militer

Yesi Syelvia 
(eurasianet.org)
(eurasianet.org)
Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu mengatakan, pemerintah Rusia tertarik untuk meningkatkan kerjasama dalam sektor pertahanan dengan China.

"Peningkatan kerjasama pertahan yang lebih mendalam antara China dan Rusia akan membuat kami teknologi militer menjadi lebih damai," ungkap Shoigu seperti diberitakan RIA Novosti, Rabu (21/11/2012).

Ketertarikan peningkatan hubungan tersebut disampaikan oleh Shoigu secara langsung kepada sejumlah pejabat China disela-sela kunjunganya ke Beijing. Shoigu dan sejumlah pejabat Rusia hari ini mengunjungi Beijing untuk memperingati 17 tahun Kerjasama militer dan teknologi China-Rusia.

Ungkapan Shoigu didukung oleh Wakil Kepala Partai Komunis dan Komisi Militer Pusat China, Xu Qiliang. "Dalam hubungan dengan Rusia, China mengutamakan kerjasama dalam bidang militer internasional," ungkap Qiliang. Ia menambahkan, bahwa Beijing juga berniat membawa hubungan kerjasama dengan Rusia di bidang militer ke tingkat yang lebih tinggi.

Sebagai raksasa ekonomi, pengaruh China di dunia internasional juga terus tumbuh. Sejalan dengan hal tersebut, China juga tertarik untuk meningkatkan hubungan dengan Moskow, sebagai mitra regionalnya. Menangapi konflik yang terjadi di Suriah, kebijakan luar negeri dua negara yang bersekutu ini sejalan, yakni menolak intervensi asing terhadap Suriah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar