Powered By Blogger

Rabu, 28 November 2012

China sebut perkembangan militernya bukan ancaman bagi dunia

Esnoe Faqih Wardhana 
Militer China
Militer China
Perkembangan militer yang dicapai China bukanlah ancaman bagi dunia. Hal ini disampaikan oleh Menteri Pertahanan China, Liang Guanglie, Selasa (27/11/2012). Pernyataan ini dikeluarkan Guanglie, dalam upaya menghilangkan kekhawatiran tentang perselisihan maritim dengan negara-negara tetangga di kawasan Asia Tengah.

"Militer Cina harus terus berkembangkan, tetapi dunia luar tidak perlu khawatir atau takut,” kata Guanglie pada kantor berita Reuters.

Amerika Serikat (AS), Jepang dan banyak negara lainnya di Asia Tenggara sering melontarkan  kekhawatiran tentang meningkatnya anggaran belanja militer China dan kekuatan armada Angkatan Laut China yang kian berkembang.

Kekhawatiran kian menjadi dengan sikap kurang terbuka China soal perkembangan militer mereka. Namun, lagi-lagi Guanglie seolah memberi obat penenang, dengan menekankan perlunya kerjasama antara Beijing dengan Washington. 

"Kita harus mengembangkan hubungan antara kami, antara kedua militer, dan sentuhan pada beberapa perbedaan-perbedaan yang ada. Kami harus mengatasi pandangan yang bertentangan," kata Guanglie.

"Kita harus mendorong pengembangan dari dua kekuatan dan mendorong maju perkembangan hubungan baru militer China-AS baru militer," lanjutnya. Menurut Guanglie, hubungan antara China dengan AS sangat penting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar