Powered By Blogger

Kamis, 29 November 2012

Serangan bom di Irak tewaskan belasan peziarah Syiah

Yesi Syelvia 
Istimewa
Istimewa
Sedikitnya 23 orang dilaporkan tewas, sementara 82 orang menderita luka-luka akibat serangan bom yang menargetkan para peziarah Syiah, di kota Karbala dan Hilla, Irak, Kamis, (29/11/2012).

Kementerian Dalam Negeri Irak mengatakan, serangan bom pertama terjadi di Karbala. Sebuah bom mobil yang berdekatan dengan mobil yang mengangkut peziarah Syiah, tiba-tiba meledak. Delapan orang dilaporkan tewas, sementara 22 orang lainya menderita luka-luka.

Merespon ledakan ini, pasukan keamanan lantas menutup pintu masuk menuju kota Karbala yang mengarah ke makam Imam Hussein, salah satu dari Imam Syiah yang paling dihormati.

Dua serangan bom mobil berikutnya terjadi di Kota Hilla, Tenggara Kota Karbala. Dua bom mobil yang ditanam di pinggir jalan, tiba-tiba meledak saat sebuah mobil yang mengangkut para peziarah melintas. Akibat serangan tersebut, 15 orang dilaporkan tewas, sementara 60 orang menderita luka-luka.

Kementerian Dalam Negeri Irak menambahkan, sebagian besar korban merupakan peziarah Syiah dan anggota keamanan yang menjaga daerah tersebut.

Kelompok pemberontak di Irak sering kali melakukan serangan bom terhadap peziarah Syiah yang hendak memanjatkan doa pada para Imam. Aksi ini dilancarkan dalam rangka memprovokasi perselisihan antara kelompok Syiah dan Sunni di Irak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar