Powered By Blogger

Rabu, 21 November 2012

Dua tentara Kenya tewas diserang militan Somalia

Esnoe Faqih Wardhana 
Militan Somalia (weaselzippers.us)
Militan Somalia (weaselzippers.us)
  Dua tentara Kenya yang tergabung dalam Penjaga Perdamaian Uni Afrika di Somalia tewas, setelah mendapat serangan dari militan Somalia, Senin (19/11/2012). Serangan ini terjadi di Garissa, sebuah pasar ternak yang terletak 200 km dari perbatasan Somalia.

"Para prajurit yang tewas adalah tentara Angkatan Pertahanan Kenya, yang merupakan bagian dari Misi Uni Afrika di Somalia," kata Kolonel Cyrus Oguna, seorang Juru Bicara militer Kenya pada Reuters.

Menurut Oguna, saat diserang, dua tentara itu sedang memperbaiki truk mereka yang rusak di dekat pasar ternak Garissa. "Ketika diserang, keduanya sedang mencoba untuk melakukan beberapa perbaikan di dekat garasi," lanjut Oguna.

Belum jelas apakah penyerang berasal dari kelompok utama militan Somalia atau berasal dari simpatisan mereka. Beberapa tahun belakangan ini, militan Somalia memang menjadikan Kenya sebagai sasaran mereka.

Hal ini dikarenakan, Kenya terlibat dalam Penjaga Perdamaian Uni Afrika di Somalia. Enam pekan lalu, tentara Kenya dan pasukan pemerintah Somalia merebut Kismayu, benteng terakhir pemberontak al Shabaab di Somalia Selatan.

Pasukan gabungan ini berhasil mendorong kamum militan keluar dari wilayah itu. Kaum militan Somalia pun bersumpah untuk membalas dendam dan sejak saat itu banyak kota di Kenya yang mendapat serangan bersenjata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar