Powered By Blogger

Kamis, 29 November 2012

China bantah contek teknologi jet negara lain

Esnoe Faqih Wardhana 
Jet tempur China J-15 (News.CN)
Jet tempur China J-15 (News.CN)
Juru bicara Kementerian Pertahanan China, Geng Yansheng, membantah keras tudingan yang menyebut China mencontek teknologi Amerika Serikat dalam mengembangkan jet temput J-15.

“Penegasan kalau China menyalin teknologi pesawat negara asing adalah sikap tidak profesional, jika tak bisa dikatakan sebagai serangan yang disengaja,” kata Yansheng, Kamis (29/11/2012). Menurutnya, China berpegang pada inovasi independen dan memiliki kapasitas untuk membangun dan mengembangkan kapal induk sendiri.

“Undang-undang untuk pengembangan militer bersifat objektif. Prinsip-prinsip membangun beberapa item peralatan militer adalah sama, sedangkan metode perintah dan perlindungan juga serupa,”lanjutnya.

Pada akhir pekan lalu, untuk kali pertama jet tempur China berhasil melakukan pendaratan pada kapal induk. “Kami bersikap sangat transparan di tengah latihan pendaratan. China merilis berita pada waktu yang tepat. Berita laporan tentang latihan ini berlimpah di radio, koran, televisi, dan Internet.

Banyak media asing yang menyebut, bahwa jet tempur J-15 buatan China, yang berhasil melakukan pendaratan di kapal induk itu, adalah salinan dari jet tempur Rusia. Para pengkritik menyebut, J-15 sangat mirip dengan jet tempur Su-33 milik Rusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar