Powered By Blogger

Minggu, 18 November 2012

Turki minta NATO siapkan rudal di perbatasan Suriah


Rudal Patriot (rt.com)
Rudal Patriot (rt.com)
Pemerintah Turki secara resmi akan meminta NATO untuk menyiapkan rudal di daerah Turki yang berbatasan dengan Suriah. Permintaan ini akan diajukan Turki pada Senin (19/11/2012), karena khawatir dengan perkembangan perang sudara di Suriah.

Menurut sebuah surat kabar Jerman yang bebasis di kota Munich, Sueddeutsche Zeitung, Turki sudah mengintensifkan pembicaraan dengan NATO untuk menopang keamanan di sepanjang 900 km daerah perbatasan dengan Suriah. Sebelumnya, sejumlah mortir Suriah sempat menerobos masuk ke wilayah Turki.

"Seperti yang telah kami katakan sebelumnya, sudah ada pembicaraan antara Turki dengan NATO dan sekutu NATO mengenai berbagai isu soal resiko keamanan," kata seorang pejabat Pemerintah Turki yang tak disebutkan namanya.

Menurut si pejabat, NATO akan melakukan apa yang diperlukan untuk melindungi dan membela Turki. Pemerintah Turki juga akan membahas kemungkinan untuk menyiapkan rudal Patriot milik NATO di wilayah perbatasan dengan Suriah.

Seorang juru bicara NATO mengatakan, dia tidak bisa mengkonfirmasi laporan tersebut. "Belum ada permintaan dari Turki. Jika ada permintaan dari Turki, tentu sekutu akan mempertimbangkan hal itu," katanya.

Duta besar NATO akan mempertimbangkan setiap permintaan dari Turki dan mereka memiliki pertemuan rutin mingguan pada hari Rabu. Seorang juru bicara kementerian pertahanan Jerman mengatakan, NATO akan mempertimbangkan permintaan Turki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar