Powered By Blogger

Rabu, 28 November 2012

Ada peningkatan aktivitas di situs peluncuran rudal Korut

Esnoe Faqih Wardhana 
Situs peluncuran rudal Korut (news.com.au)
Situs peluncuran rudal Korut (news.com.au)
  Sebuah citra satelit menunjukkan peningkatan aktivitas yang signifikan di sebuah situs peluncuran rudal Korea Utara (Korut), Selasa (27/11/2012). Dalam tiga pekan ke dapan, Korut diduga sedang mempersiapkan uji coba rudal balistik jarak jauh di situs ini.

Citra satelit yang ditangkap operator satelit DigitalGlobe Inc itu dirilis oleh surat kabar Jepang, Asahi Shimbun. “Analis intelijen Amerika Serikat (AS) telah mendeteksi gerakan yang dipandang sebagai persiapan yang dilakukan Korut untuk peluncuran rudal jarak jauh pada awal bulan ini,” sebut laporan Asahi Shimbun.

Dalam citra satelit itu, tergambar lebih banyak orang, truk, dan peralatan lainnya di lokasi peluncuran. Tingkat aktivitas yang konsisten ini sama dengan yang terjadi pada pertengahan April lalu. Saat itu, Korut melakukan peluncuran, namun gagal.

"Mengingat tingkat aktivitas yang diamati, kami mencatat adanya sebuah tenda baru, truk, orang-orang, dan banyak tangki bahan bakar portabel. Ini menggambarkan, Korut mungkin bisa melakukan peluncuran dalam tiga pekan ke depan,” sebut DigitalGlobe dalam sebuah pernyataan. DigitalGlobe sendiri kerap menyediakan citra satelit komersial kepada pemerintah AS dan pemerintah asing,

Seorang Juru Bicara Pentagon menolak untuk mengomentari laporan citra satelit ini. Namun, ia mengatakan, bahwa posisi Departemen Pertahanan AS pada upaya pengembangan rudal Korut, tetap tidak berubah.

Sang Jubir mendesak Korut untuk mematuhi resolusi Dewan Keamanan PBB yang mengharuskan Pyongyang untuk menangguhkan semua kegiatan yang berkaitan dengan program rudal balistik. Korut yang melakukan uji coba nuklir pada 2006 dan 2009, saat ini berada di bawah sanksi PBB untuk program senjata atomnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar