Powered By Blogger

Minggu, 18 November 2012

4 kapal China masuk perairan Jepang


Sengketa di Laut China Timur (telegraph.co.uk)
Sengketa di Laut China Timur (telegraph.co.uk)
Ketegangan antara China dan Jepang terkait sengketa kepulauan di Laut China Timur kian memuncak. Seperti dikutip thestar, Minggu (28/10/2012), empat kapal China dilaporkan masuk ke wilayah perairan Jepang.

“Empat kapal pengawas kelautan China terlihat di sekitar wilayah perairan yang disengketakan,” sebut pernyataan Penjaga Pantai Jepang. Semula, kapal-kapal itu hanya berlayar di luar wilayah Jepang, tapi kemudian mereka menerobos masuk.

“Sebelumnya, kapal-kapal itu berlayar di zona yang bersebelahan dengan rantai kepulauan. Tapi pada pukul 02.00 GMT, mereka masuk 12 mil laut ke wilayah perairan Jepang di sekitar Laut Cina Timur,” lanjut pernyataan itu.

Empat kapal yang masuk wilayah Jepang pada Minggu (28/10/2012) ini, berbeda dengan armada kapal yang pada Kamis (25/10/201) juga berlayar di daerah itu. Insiden ini langsung memicu protes keras dari Jepang.

Hubungan China-Jepang memburuk setelah Pemerintah Jepang membeli pulau-pulau yang disebut Senkaku di Jepang dan Diaoyu di Cina, dari pemilik swasta Jepang pada bulan September lalu. Tindakan ini memicu protes keras dan seruan boikot produk Jepang di seluruh China.

Setelah Pemerintah Jepang membeli pulau-pulau itu, China kerap mengirimkan kapal patroli ke perairan dekat pulau. Sikap ini meningkatkan kekhawatiran bahwa konfrontasi dengan kapal patroli Jepang bisa meningkat menjadi konflik yang lebih luas.

Diplomat Jepang dan Cina senior telah bertemu untuk membahas sengketa di Laut Timur China ini. Tapi, pertemuan ini ternyata tidak menghasilkan kemajuan berarti. Sebab, kedua negara tetap pada pendirian masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar