Powered By Blogger

Kamis, 15 November 2012

INDONESIA TANK


Indonesia akan buat tank tempur


Ilustrasi (Istimewa)
Ilustrasi (Istimewa)
Sindonews.com - Pemerintah menjajaki kemungkinan kerja sama alih teknologi pembuatan tank medium dengan Jerman, sebagai bagian dari pengadaan 100 unit tank tempur utama (MBT) Leopard.

Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan Marsdya TNI Eris Herryanto mengatakan, pemerintah saat ini masih dalam tahap pembicaraan kerja sama tersebut. Jika sepakat, maka Indonesia kedepannya bakal memproduksi tank medium yang merujuk pada Marder 1A3 milik Jerman.

"Kita ingin, semua pembelian alat utama sistem senjata (alutsista) ada transfer of technology (alih teknologi)-nya," katanya saat dihubungi di Jakarta, Sabtu (8/9/2012).

Dia mengungkapkan, alih teknologi tank medium masih mungkin dilakukan, meskipun Indonesia saat ini tidak membeli tank medium dari Jerman.

"Ini kan masih proses. itu (alih teknologi) nanti merupakan bagian dari pengadaan MBT Leopard," ujarnya.

Sekedar diketahui, di Jerman sendiri Marder semula didesain sebagai infantry fighting vehicle (IFV), sebelum kemudian oleh Rheinmetall didesain menjadi tank medium dengan canon 105 mm. Selama ini, Jerman juga dikenal sebagai negara produsen kendaraan tempur lapis baja berkualitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar