Powered By Blogger

Rabu, 28 November 2012

Dua kapal AL Iran kembali berlabuh di Sudan

Yesi Syelvia 
(presstv.com)
(presstv.com)
  Dua kapal milik Angkatan Laut (AL) Iran dikabarkan akan kembali berlabuh di Sudan, Jumat (30/11/2012) mendatang. Pemerintah Sudan menyatakan, tak ada misi khusus yang diemban 2 kapal perang Iran ini. Kunjungan ini hanya bersifat rutin, yakni untuk mengisi bahan bakar dan memenuhi kebutuhan logistik lainnya.

"Mereka akan berlabuh selama tiga hari di pelabuhan Laut Merah untuk melakukan rutinitas yang biasa dilakukan oleh kapal-kapal perang Sudan," ungkap Juru Bicara militer Sudan, al-Sawarmi Khalid seperti dilansir dalam the star, Selasa (27/11/2012).

Khalid menambahkan, sehari sebelum kapal AL Iran berlabuh, kapal milik AL Pakistan akan melakukan hal yang sama di Pelabuhan Laut Merah.

Ini adalah kunjungan kedua kapal perang Iran ke Sudan. Sebelumnya, pada awal bulan, kapal perang Iran juga mengunjungi Sudan. Kedatangan kapal perang Iran ini mengundang perhatian, karena terjadi satu pekan setelah Pemerintah Sudan menuduh jet tempur Israel membom pabrik amunisi mereka.

Seperti diketahui sebelumnya, pada Juni lalu Iran telah mengumumkan rencananya untuk mengirim lebih banyak kapal perang dan meningkatkan frekuensi kehadiran armada AL mereka di perairan internasional.

Hal ini dilakukan untuk melindungi kapal-kapal kargo di seluruh dunia. Awal tahun lalu, kapal kargo Iran yang mengangkut 30 ribu ton produk gas cair menjadi sasaran bajak laut di Teluk Aden. Kapal kargo ini sedang dalam perjalanan ke Afrika Utara ketika disergap pembajak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar