Powered By Blogger

Senin, 26 November 2012

Pemberontak Suriah rebut pangkalan militer

Yesi Syelvia
Bandara Hamdan, Suriah (Istemewa)
Bandara Hamdan, Suriah (Istemewa)
Pemberontak Suriah mengaku telah berhasil menguasai Mayaden, sebuah pangkalan artileri militer di Provinsi Deir al-Zor, kamis (22/11/2012). Pangkalan ini berhasil dikuasai pemberontak, karena kontrol militer Suriah  di dekat perbatasan Suriah-Irak semakin melemah.

"Pangkalan militer Mayaden dikuasai pemberontak pada pukul 8.30 pagi," ungkap Abu Laila, seorang pejabat Dewan Revolusi Militer Provinsi Deir al-Zor.

Abu Laila menambahkan, pangkalan tersebut berhasil dikuasai setelah pemberontak terlibat pertempuran sengit dengan militer Suriah. Dalam pertempuran ini, tercatat 44 orang pemberontak tewas. Sementara hingga kini, belum ada pernyataan dari pihak militer Suriah terkait jumlah korban tewas.

"Seluruh wilayah pedesaan, dari perbatasaan Irak dan sepanjang wilayah Efrat hingga ke kota Deir al-Zor, kini berada di bawah kendali pemberontak," ungkap Abu laila.

Ada pula laporan yang menyebut, bagian selatan Provinsi Deir al-Zor juga telah jatuh ke tangan kaum pemberontak. Pekan lalu, pemberontak Suriah mengaku telah berhasil menguasai bandara Hamdan, yang berada di Provinsi Deir al-Zor, Sabtu (17/11/2012).

Bandara ini biasa digunakan untuk mengangkut produk pertanian, namun telah dialihfungsikan menjadi landasan untuk helikopter dan tank militer selama perang saudara ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar