Powered By Blogger

Sabtu, 01 Desember 2012

Terganggu suara jet tempur, warga Okinawa ajukan gugatan

Esnoe Faqih Wardhana 
Pangkalan Udara Kadena
Pangkalan Udara Kadena
  Lebih dari 144 warga yang tinggal di dekat pangkalan udara Kadena milik  Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) di Okinawa, Jepang, mengajukan gugatan hukum, Jumat (30/11/2012). Mereka mencoba mengajukan tuntutan untuk melarang penerbangan malam dan pagi di pangkalan itu dan meminta pembayaran ganti rugi.

Seperti dikutip dari Xinhua, warga mengajukan gugatan di Pengadilan loka kota Okinawa. Mereka mengeluh sangat menderita dengan suara bising pesawat AS, yang membuat mereka sulit tidur di malam hari dan juga mengganggu ketenangan di pagi hari.

Warga juga meminta ganti rugi 216 juta Yen (USD2,5 juta) sebagai pengganti kerusakan. Gubernur Okinawa, Hirokazu Nakaima mengaku akan terus mendorong rencana untuk merelokasi pangkalan militer AS ke luar dari wilayanya.

Hingga kini, keberadaan pangkalan AS di Okinawa memang terus memicu kontroversi. Beberapa kali sempat muncul kasus kekerasan dan pelecehan seksual yang dilakukan tentara AS di Okinawa. Kasus ini juga memicu gelombang protes warga Jepang terhadap militer AS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar