Powered By Blogger

Selasa, 04 Desember 2012

China & India sepakat jaga perdamaian di wilayah perbatasan

Iqbal Amrulloh
  China dan India sepakat untuk tetap menjaga perdamaian dan ketenangan di wilayah perbatasan. “Kedua negara sepakat untuk menciptakan suasana yang menguntungkan dan tidak memengaruhi perkembangan positif dari hubungan China-India,” kata sebuah pernyataan Kementerian Luar Negeri India, seperti dikutip the star, Selasa (4/12/2012).

Sebelumnya, sejak 1962, China dan India telah mengalami konflik perbatasan. Kedua negara juga telah meluncurkan mekanisme pertemuan antara perwakilan khusus, mengenai isu perbatasan pada tahun 2003.

“China berkomitmen untuk mengembangkan hubungan jangka panjang, satbil, ramah, dan kooperatif dengan India,” kata Dai Bingguo, Penasihat Hubungan Bilateral China.

Kerja sama bilateral dalam berbagai bidang antara kedua negara dalam 10 tahun terakhir ini telah membawa hasil yang luar biasa. Dewan Negara China mengatakan, bahwa China dan India telah mengeksplorasi cara yang efektif untuk bergaul satu sama lainnya.

“Sebagai dua negara besar, China dan India menghadapi tugas bersejarah untuk mengembangkan ekonomi dan meningkatkan mata pencaharian masyarakat. Setiap langkah maju dalam pembangunan, serta hubungan bilateral akan memberikan kontribusi kepada keamanan, perdamaian, dan kerja sama di dunia,” jelas Bingguo.

Senada dengan China, India juga setuju untuk memperkuat hubungan bilateral. “Mengembangkan hubungan dengan China merupakan salah satu prioritas kebijakan luar negeri India,” kata Shiv Shankar Menon, Penasihat Keamanan Nasional India.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar