Powered By Blogger

Selasa, 04 Desember 2012

Jet tempur Arab Saudi jatuh, pilot menghilang

Esnoe Faqih Wardhana
Jet tempur F-15 Arab Saudi
Jet tempur F-15 Arab Saudi
Sebuah jet tempur F-15 milik Royal Saudi Air Force jatuh di teluk selama latihan rutin, Minggu (2/12/2012) malam. Hingga kini, pilot jet tempur itu belum ditemukan.

“Pesawat yang jatuh itu lepas landas dari Pangkalan King Abdulaziz, di Provinsi Timur Kerajaan Arab Saudi. Pesawat ini dipiloti oleh Letnan Fahd bin Falih al-Masarir,” sebut sebuah pernyataan Kementerian Pertahanan Arab Saudi.

Menurut Kementerian Pertahanan Arab Saudi, jet tempur F-15 itu turun di sekitar perairan Arab Saudi. Tak dijelaskan, apakah sebelum jatuh ke laut, pilot sempat menggunakan fasilitas kursi lontar atau tidak.

“Pihak berwenang sedang menyelidiki penyebab kecelakaan tersebut,” lanjut pernyataan Kementerian Pertahanan Arab Saudi. Saat ini, Angkatan Udara Arab Saudi memiliki jet-jet tempur buatan Amerika Serikat dan Inggris.

Tahun lalu, Washington mengumumkan kesepakatan senilai USD29,4 miliar untuk penjualan 84 jet F-15 ke Royal Saudi Air Force. Terakhir kali Royal Saudi Air Force terlibat dalam pertikaian adalah pada 2009-2010, ketika memberantas pemberontakan Houthi, di Yaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar