Powered By Blogger

Sabtu, 01 Desember 2012

4 kebijakan AS untuk Israel & Timur Tengah

Yesi Syelvia
Menteri Luar Negeri AS, Hillary Clinton (Istimewa)
Menteri Luar Negeri AS, Hillary Clinton (Istimewa)
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Hillary Clinton mengatakan AS punya empat kebijakan utama terhadap Israel dan juga negara Timur Tengah.

Kebijkan pertama ialah mencegah Iran membuat senjata nuklir. "Seperti kita ketahui, rudal dan roket buatan Iran diluncurkan dari Gaza ke Tel Aviv dan Jarusalem," ungkap Hillary seperti diberitakan Jpost, Sabtu (1/12/2012).

Oleh sebab itu, masyarakat internasional harus mencegah Iran mengembangkan senjata nuklir. "Iran juga telah mengekspor teroris tidak hanya ke Israel tetapi juga seluruh dunia. Sementara, AS tidak memiliki kebijakan penahanan, kami hanya memiliki sebuah kebijakan pencegahan." imbu Hillary.

Kebijakan AS yang kedua, memastikan gencatan senjata Israel dan Gaza tetap terlaksana. "AS harus terus bekerjasama dengan Israel memastikan gencatan senjata tetap terlaksana dan terus mendukung hak Israel untuk membela diri dari setiap serangan yang datang," ungkap Hillary.

Sementara yang ketiga, Isreal harus terus bekerja untuk mempromosikan ke Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas, meskipun status mereka di PBB telah meningkat.

Hillary menegaskan, meskipun Abbas melakukan kesalahan dengan meminta PBB meningkatkan status Palestina di PBB, tapi kami harus melihat apakah Otoritas Palestina punya solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah Israel dan Palestina.

"AS akan terus mendukung perubahan untuk mencapai demokrasi di negara Arab,” kebijakan keempat yang diungkap Hillary.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar